Eksekutif dan Legislatif Segera Bahas Perda SOPD Bar

By Admin Published on 02 Oct 2016.

Melawi, NANGA PINOH - (Kalimantan-News) - Ketua DPRD Melawi, Abang Tajudin mengatakan, pihak DPRD Melawi akan segera mungkin melakukan pembahasan Peraturan Daerah (Perda) Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD). Pembahasan tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir tahun sesuai dengan permintaan pemerintah provinsi Kalimantan barat.

“Kita memang akan mengupayakan menargetkan selesai pada tahun ini untuk Perda SOPD. Sehingga tahun depan pelaksanaan APBD sudah bisa menyesuaikan SKPD yang sudah dibentuk baru itu. Harapan kita, paling tidak bisa lebih efisien, efektip dalam pelaksanaan kebutuhan Daerah dan nasional,” ungkapnya saat ditemui usai menghadiri kegiatan Angjangsana di Stadion raden Temenggung Setia pahlawan, Senin (3/10).

Abang Tajudin mengatakan, pihaknya baru akan melaksanakan pembahasan tersebut, dikarenakan banyaknya agenda yang harus dilaksanakaan pihak Badan Legislasi (Banleg) DPRD Melawi. Agenda-agenda yang ada itu yang memang tidak bisa ditunda.

“Pembahasan tersebut baru dilakukan, karena Badan legislasi DPRD Melawi cukup banyak agenda yang dibahas. Ini juga berkaitan dengan tuntutan Hak Angket seperti pejabat structural yang dilantik diera Penjabat Bupati, yang baru dilantik ulang oleh Bupati definitip kemarin,” ucapnya.

Sementara Bupati Melawi, Panji, S. Sos mengatakan, untuk SOPD baru, diwajibkan sudah mulai digunakan pada tahun anggaran baru yakni ditahun 2017. Makanya kita berharap teman-teman di DPRD, bisa memberikan dukungan yang maksimal, sehingga SOPD baru ini bisa cepat ditetapkan.

“Dengan begitu, pembahasan KUA-PPAS baru tahun 2017 juga bisa menyesuaikan SOPD baru nantinya. Artinya APBD 2017 tidak bisa diproses, kalau SOPD barunya belum ada. SOPD baru inikan organisasi pemerintah daerah. Nah, kalau ini tidak ditetapkan sama saja kita tidak ada pemerintahan. Ini diamanahkan lansung oleh perundang-undangan,” pungkasnya. (KN)