Peringatan Hari Pramuka di Melawi Berjalan Sukses

By Admin Published on 03 Oct 2016.

Melawi, NANGA PINOH - (Kalimantan-News) - Puncak peringatan Hari Pramuka ke 55 Provinsi Kalimantan Barat dengan perkemahan yang dipusatkan di stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan, di Jl. Mustafa Kabupaten Melawi dilaksanakan dengan upacara, Selasa (4/10) pagi. Upacara berlangsung khidmat dan dihadiri ribuan anggota Pramuka dari tingkat siaga dan Penggalang dari sebelas kecamatan. Hadir dalam upacara tersebut, Staf ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, Togi Lumban Tobing SH.MH yang mewakili Gubernur Kalbar, Wakil Bupati Dadi Sunarya, Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Kalbar H. Suryadi, Kwarcab Pramuka Melawi, Abang Tajudin, Kapolres Melawi dan Dandim 1205/Sintang, Danramil serta tamu undangan lainya. Dalam upacara itu juga dilakukan penyematan Lencana Melati dan Panca Warsa piagam terhadap sejumlah tokoh Pramuka Kalbar dan pihak yang mendukung ke Pramukaan.

Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya U.Y, dalam pada kesempatan itu mengatakan, dalam memperingati hari Pramuka ini, tentu semuanya tau bahwa gerakan ini ada di seluruh Indonesi, bahkan diseluruh dunia. “Kegiatan Pramuka ini sangatlah tepat untuk melengkapi pendidikan formal yang ada di sekolah-sekolah,” katanya. 

Menurut Wakil Bupati, Pramuka merupakan gerakan yang bisa menyatu dengan dunia pendidikan. Yang mana melali gerakan ini dapat membuat para anak pramuka memiliki kepribadian yang baik. Sebagaimana yang tercantum dalam tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Melalui Pramuka ini juga, dapat menjadi upaya menghindarkan kenakalan remaja. Mulai dari menghindari pergaulan bebas hingga menghindari keterlibatan diri ke penggunaan Narkoba. Mengikuti kegiatan Pramuka tentu menyenangkan dan menjadi kebanggaan Bangsa dan Negara,” paparnya. 

Sementara Togi Lumban Tobing, SH.MH yang mewakili Gubernur Kalbar mengatakan, Salam hangat permohonan maaf dari Gubernur Kalimantan Barat. Ia mengatakan, dengan diperingatinya hari  Pramuka, sehingga bisa memberikan motivasi gerakan mewujudkan pembentukan entrepener calon pemimpin bangsa dan daya saing tinggi. 

“Thema yang diusung bangun karakter pramuka yang keren gembira dan asik sangatlah relevan. Pembangunan anak bangsa harus jadi perioritas utama. Pembangunan karakter bangsa menjadi fungsi kita dimasa kini dan masa depan. Pembanguna sekalian banguanan fisik.Saya minta ini mnjadi tujuan ketika memperingti. Akan ada menjadi pemimpind daerah jbi banhkan ditinfkat Nasional. Jajaran Prmauka dewasa, majelis pembimbinaan andalan pembina mewujudkan secara nyata. Bukan hanya selogan,” paparya.

Ditempat yang sama, Kwartir Daerah Provinsi Kalimantan Barat, H. Suryadi MS mengatakan, pelaksanaa hari Pramuka di Melawi cukup mengembirakan walaupun dari segi persiapan sangat minim. Tapi dengan komitmen pemerintah Daerah serta Kwartir Cabang Melawi, sehingga membuat kegiatan bisa berjalan tertib, aman dan lancar. Meskipun kabupaten lainnya tidak bisa mengirim perwakilan, karena kesibukan lain. Namun ini tidak mengurangi arti peringatan hari Pramuka.

“Dari pantauan kami, Melawi ini sebuah kabupaten yang baru. Namun sudah bisa menampilkan kreasi-kreasi dan inovatip, sehingga dapat dan kita banggakan kepada pemerintah Melawi, maupun jajaran pramuka dan masyarakat serta jajaran pers Melawi. Yang mana membuat kita mengathui bahwa pramuka Melawi ini aktif, baik ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional,” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan berbagai atraksi seperti tarian kolosal serta drumband yang dilakukan oleh para pelajar yang juga ikut tergabung didalam kepramukaan di Melawi. Usai upacara, juga dilaksanakan karnaval berjalan kaki dengan rute dari Stadion ke Tugu bundaran di depan PDAM Melawi. (KN)

http://www.kalimantan-news.com/