Visi~Misi

Untuk tercapainya peningkatam mutu dan produktifitas pelaksanaan tugas dan fungsi Inspektorat Kabupaten Melawi, maka telah ditetapkan visi dan maisi Pemerintah Kabupaten Melawi.

Adapun visi yang akan dicapai oleh Inspektorat Kabupaten Melawi adalah :

“TERWUJUDNYA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH YANG BAIK, BERSIH DAN BERWIBAWA MELALUI PENGAWASAN YANG PEROFESIONAL”

 

Penyelenggaraan Pemerintah adalah pelaksanaan tugas-tugas pemerintah umum Kabupaten Melawi dalam rangka pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah yang baik, bersih, berwibawa dan pengawasan yang professional dalam ungkapan misi tersebut memiliki makna efisien dan efektif. Yang dimaksud dengan EFISIEN adalah :

1. Organisasi Pemerintahan Daerah yang bersih dari penyimpangan ;

2. Organisasi Pemerintahan Daerah sebagai Organisasi jejaring (network organization) ;

3. Organisasi Pembelajaran (leaming organization) ;

4. Hemat Struktur kaya fungsi ;

5. Mekanisme kerja (tata laksana) yang jelas ;

6. Terhindar dari tumpang tindih tugas dan fungsi.

 

Sedangkan Efektif berarti :

1. Memiliki visi dan misi organisasi yang jelas ;

2. Organisasi Pemerintah Daerah yang flat dan ramping ;

3. Manajemen Pemerintahan yang terstandarrisasi dan rasional ;

4. Sesuai kewenangan Pemerintah ;

5. Organisasi disusun sesuai dengan kebutuhan yang nyata ;

6. Mewadahi fungsi-fungsi yang berkembang.

 

Kepemerintahan yang baik dimana praktek penyelenggaraan kekuasaan dan kewenangan oleh pemerintah dalam pengelolaan urusan pemerintahan secara umum, dan pembangunan ekonomi pada khususnya”. Pengertian governance dalam hal ini adalah proses pengaturan, pembinaan dan pengendalian kehidupan social ekonomi masyarakat.

 

Bersih yang mempunyai arti bahwa setiap melaksanakan pembangunan pemerintahan diarahkan pada dimensi administrasi, yaitu administrasi yang baik, organisasi yang efisien, serta aparatur berkompeten dan jujur. Kultur administrasi yang melayani, memperdayakan dan membangun berlandaskan semangat entrepreneurship perlu dibina secara berkesinambungan.

  

Bewibawa berarti kualitas sumber daya manusia aparatur yang berkualitas.Hal  ini penting karna SDM aparatur dapat berfungsi sebagai perencanaan, implementasi, pengendalian dan evaluasai seluruh program-program pembangunan.oleh karna itu, hal penting yang harus diperhatikan adalah aparatur harus :

 

1)      Bermoral dan berahlak yang tinggi yang di tandai oleh kebersihan akidah, kebersihan akhlak, kebersihan tujuan hidup, bersih harta dan bersih pergaulan, social ;

2)      Berpengetahuan dan berkemampuan untuk melaksanakan tugas yang diembaninya secara profisional.

 

Pengawasan perofesional berarti pengawasan yang dilakukan dengan suatu landasan metodologi, sikap kerja yang berintegritas dan senantiasa berorientasi kepada penciptaan nilai tambah bagi mitra kerja Inspektorat Kabupaten Melawi.

 

“misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan”(LAN-RI, 2003:8).

Dengan pernyataan misi, diharapkan seluruh anggota organisasidan pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat mengetahui peran dan program-program Inspektorat Kabupaten Melawi serta hasil yang akan di peroleh di masa yang akan dating. Adapun yang menjadikan misi Inspektorat Kabupaten Melawi adalah :

“MEWUJUDKAN KINERJA PENGAWASAN YANG PROFESSIONAL DILINGKUNGAN INSPEKTORAT KABUPATEN MELAWI SERTA MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN MENCEGAH TERJADINYA KKN DILINGKUNGAN PEMERINTAHAN KABUPATEN MELAWI”

Misi tersebut dirumuskan dengan mempertimbangkan adanya kebutuhan ataupun tuntunan dari masyarakat yang mengigingkan adanya akutabilitas penyelenggaraan pemerintahan, adanya  aparatur yang bersih dan terselenggaranya manajemen pemerintah yang baik, serta meningkatnya sinergi pengawasan sehingga penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Melawi akan berjalan dengan akuntabel dan bebas dari Korupsi, kolusi dan Nepotisme (KKN).

 

 

 

 

Contact us

Jalan Provinsi Kota Baru Km 7, Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat 79672

Tel.: (0568) 2020107
Fax: (0568) 2020107

inspektorat_melawi@yahoo.com